Minggu, 14 April 2013



Perjalanan yang sudah lama direncanain akhirnya datang juga. Waktu perjalanan yang semula direncanain selama 14 hari akhirnya diamputasi jadi 9 hari dengan mangkas trip ke Yogya dan ngurangin waktu di Surabaya. Persiapan sana-sini dilakuin, agak repot emang karena memang ini trip pertama dan dengan waktu yang lumayan lama jadi kayak orang parno, ditambah kerusuhan antar etnis di Lampung dengan segala isu2nya yang sedikit banyak bikin was-was (yang pada akhirnya kekhawatiran kami ini TIDAK TERBUKTI). Di perjalanan ini gw (@baguskuning) memulai perjalanan dari Lampung, jalan bareng @nur n @ken dengan janji bakal ketemuan n trip bareng ama warga BPI.


10 November 2012

Sabtu, 10 November jam 15.00 sore kami mulai trip, dengan ngangkot menuju Terminal Rajabasa. Sekitar 20 menitan, kami sampe di terminal n langsung ke pul bus tujuan Bakauheni. Menurut itin yg udah disusun kami rencananya naek bus ekonomi, tapi karena ngeliat itu bus ekonomi masih ngejogrog perawan tanpa satupun penumpang yang merambah, jadi kami milih naek bus AC yang ngetem di sebelahnya yang penumpangnya di dalemnya dah lumayan banyak (di awal perjalananpun, itin udah dilanggar n biaya udah overbudet.. ckckck..). Ongkos bus Rajabasa-Bakauheni untuk ekonomi Rp.18.000 n untuk yg AC Rp.22.000. Setelah nunggu 1 jam, sekitar jam 16.00 bus berangkat dari Terminal Rajabasa, dan sampe di Bakauheni sekitar jam 19.30 lewat. Perjalanan menuju Bakauheni yang normalnya cuma 2 setengah jam, jadi 3 jam lebih gara2 ada pelebaran jalan by pass n bus yang kami naekin udah tua.

Jam 20.30, kapal yang kami naikin ninggalin pelabuhan Bakauheni. Kapal sempet berenti selama 40 menitan di tengah laut menjelang pelabuhan Merak untuk antri sandar di dermaga pelabuhan Merak. Menjelang tengah malem kapal sandar di Merak. Turun kapal, ada calo nawarin travel ke Soetta dengan ongkos Rp.200.000 untuk 3 orang. Kami ber-3 jadi bingung, mo tetep pake bus ato pake travel karena Ini pertama kalinya kami ke Soetta n blm bisa ngestimasi waktu dg bener jd takut kalo sampe jam 5 belum nyampe di Soetta. Sesudah ngisi perut di Pelabuhan Merak, akhinya kami pilih ke Soetta pake bus. Kami pake bus jurusan Merak-Kalideres, rencananya nyambung dengan taksi dari Kalideres ke Soetta.


11 November 2012

Jam 01.00 bus mulai jalan dari Pelabuhan Merak. Di perjalanan, sewaktu ditagih ongkos nanya ama kondektur, ada apa gak angkutan taksi di kalideres untuk ke bandara. Dia nyaranin, klo mo ke bandara gak usah turun smpe Kalideres, tapi turun aja di Pintu Air karena selaen lebih deket juga disana banyak angkutan ojek atau taksi buat ke bandara. (sewaktu sampe Bitung, mas kondektur teriak ‘bitung, bitung..!’. Gua yang lagi setengah sadar ketiduran langsung bangunin nur n ken buat turun. Sampe di pintu bus, mas kondektur nanya heran “kok malah turun disini?”, n gw jawab “kan udah sampe Pintu Air mas, td kan mas teriak ‘pintu, pintu..’ gitu”. Mas kondektur ketawa n nyuruh kami naek sambil ngasih tau kalo Pintu Air masih jauh n kami bertiga pun balik ke tempat duduk sambil senyam-senyum malu).

Sekitar jam 02.20, kami sampe n diturunin di Pintu Air. Di tempat kami diturunin, ada 4 tukang ojek dan diseberang jalan ada satu taksi yang mangkal. Sayang daerahnya minim penerangan. Karena taksi yang mangkal gak nyamperin panggilan kami, kami nunggu beberapa menit sampe ada Taksi Ekspres yang dateng. Dari Pintu Air sampe di terminal 2 bandara Soetta jam 02.40, dan kami kena tarif argo Rp. 29.725. Penerbangan kami CKG-DPS pake maskapai Merpati Nusantara dengan keberangkatan jam 06.00 dan tiket Rp.385.000/orang. Nunggu terbang, kami nyari tempat yang nyaman buat tidur tapi semua bangku panjang sudah ditempati orang. Bahkan beberapa bule ada yang tidur beralas kain di lantai. Akhirnya, kami dapet tempat di sebuah kedai roti yang tutup yang bangku-bangkunya udah banyak di pake orang untuk nunggu, dan kami rehat sejenak disana.

Jam 05.00 kami check-in dan setelah bayar airport tax Rp. 40.000.-/orang disilakan untuk boarding lewat gate 7. Jam 05.30 ada pengumuman ‘menyebalkan’ yang ngasih tau kalo penerbangan kami kena delay selama 2 jam dari jam 06.00 jadi jam 08.00. Huihh, terpaksa nunggu lagi sambil tidur-tiduran di kursi. Jam 07.30, petugas ngasih kami sarapan berupa sebuah rotiboy dan segelas teh/kopi untuk tiap calon penumpang sebagai kompensasi delay. Gak lama setelah sarapan dibagi ke semua calon penumpang, ada pengumuman ‘lebih menyebalkan’ yang ngasih tau kalo penerbangan kami kena delay lagi selama 30 menit jadi jam 08.30, horraaayyyy!!.

Jam 08.30 calon penumpang gelisah karena gak ada tanda-tanda akan diberangkatin, juga gak ada penjelasan apapun atas kejadian saat itu. Banyak penumpang yang protes n marah ke petugas di boarding counter dan petugas-petugas nan cantik dan tampan itu juga bingung mo ngejelasain apa ke penumpang yang sudah emosi (kasian juga sie sebenernya ama mereka coz kondisi ini di luar otoritas dan kendali mereka untuk menyelesaikan dan menjelaskan).


Penumpang komplain di boarding counter Terminal 2F SHIA

Setelah bingung selama satu jam n setelah penumpang marah-marah di boarding counter, akhirnya salah seorang petinggi Merpati Nusantara datang kasih penjelasan bahwasannya pesawat yang sedianya untuk terbang CGK-DPS mengalami electric wire trouble, dan mekanik yang menangani gak bisa kasih kepastian kapan akan selesai karena cukup rumit. Setelah negosiasi dengan calon penumpang akhirnya disepakati bahwa calon penumpang akan diterbangin jam 13.00 ke denpasar dengan maskapai lain yang keebtulan masih tersedia. Gak lama kemudian rencana berubah dan inilah keputsan akhirnya, bahwa calon penumpang akan diterbangin jam 14.30 dengan pesawat Merpati Nusantara yang akan datang dari Makassar. Sebagai kompensasi, calon penumpang dikasih uang kompensasi Rp.300.000/tiket.

Jam 14.50 pesawat take off dari SHIA dan landing di Bandara Ngurah Rai jam 17.20. Sampai di Ngurah Rai, langsung ngubungin @nandito yang udah landing duluan jam 08.00 pagi karena peswatnya ga delay. @nandito ngeduganya kami gak jadi ngetrip coz kami punya jam keberangkatan yang sama dan dari bandara yang sama Cuma beda maskapai tapi sampe malem gak nyampe-nyampe. Dia ama @cathy nunggu di depan Hardrock Café Kuta n kamipun kesana pake taksi. Dari bandara ampe kuta kami bayar Rp.50.000 ke taksi. Di taksi sempet ngobrol basa-basi ama sopir. Sewaktu ditanya dari mana, kami ngaku dari Bengkulu coz masih rada khawatir kalo ngaku dari Lampung gara2 kerusuhan yang terjadi di Lampung Selatan.

Sampe di Hardrock Café, @nandito ngajak kami ke penginapan sementara @cathy jalan ama kawannya. @nandito udah pesen kamar di Sekar Bali Homestay yang ada di Jl. Poppies Gg. Sorga. Kami kena tarif kamar Rp. 60.000/orang untuk cewek n Rp.50.000/orang untuk cowok, karena kami 3 cowok + 2 cewek jadi bayar total Rp.270.000 untuk 2 kamar. Gw gak tau berapa n gimana tarif di homestay ini karena semua proses pesan diurus ama @nandito n kami tinggal bayar aja begitu sampe. KTP gw dititipin di recepcionist. Sempet deg2an jg waktu diminta KTP berhubung asal kami yg dari Lampung, tapi sewaktu KTP gw diserahin, resepsionis cuma bergumam, "oh dari Lampung". Mungkin kaminya aja yg terlalu parno, soalnya sampe kami kembali ke rumah gak ada kesulitan sama sekali yg berhubungan ama kerusuhan antar etnis di Lampung Selatan.


Sekar Bali Homestay

Sesudah mandi di penginapan, kami makan di Warung Indonesia yg ada di Poppies juga (kalo gak salah inget ada di deket Ronta Bungalows). Warung ini nyediain makanan lokal Indonesia dengan harga yang lumayan terjangkau untuk ukuran backpacker. Di sana tersedia bermacam masakan lokal Indonesia dalam display. Kita tinggal ngomong aja pilih menu mana yang mau kita makan, nanti pelayannya akan menyediakan untuk kita. Pelayan akan menyerahkan makanan dengan menu yang kita pilih beserta kartu harga dari menu tersebut. Setelah makan kita tinggal bayar di kasir dengan membawa kartu tersebut. Gambarannya, malam itu gw pesen nasi+tuna asam manis+tempe+sayur n sambal kena charge Rp.12.000. Selain menu di display, mereka juga menyediakan nasi goring, mie goring, cap cay, dan sebangsanya. Selepas makan kami muter2 jalan kaki ke beachwalk n sepanjang jalan pantai Kuta. Jam 22.00 kami kembali ke penginapan. Sebelum tidur gw n @nandito nyusun planning buat besok dengan diadvice @cathy yg kebetulan udah pulang. Hari pertama ini kami keilangan waktu gara2 penerbangan yang kacau.


12 November 2012

Hari kedua, sebelum jalan kami sarapan nasi jingo ayam yang dijual di warung sebelah Warung Indonesia dengan harga Rp.5000/bungkus. Sesudah sarapan, @nandito nganter @cathy ke Monumen Bom Bali untuk nunggu jemputan karena pagi itu @cathy terbang ke Labuan Bajo ikut rombongan BPI ke Pulau Komodo. Lepas nganter @cathy, jam 08.00 kami berempat jalan sesuai rute yang udah disusun semalam. Kami nyewa 2 motor vario dengan harga Rp.80.000/motor/2 hari. Kami nyewa dari orang yang nyewain motor di sekitar penginapan dengan jaminan KTP Ken. Rute kami hari ini, GWK – dreamland – bedugul. Kami jalan ke arah selatan melalui Jalan Uluwatu. Jam 09.00 kami sampe di gerbang GWK, dan kami harus bayar tarif masuk GWK sebesar Rp.30.000/orang. Sebenernya kerasa agak mahal juga ya, cuma ngeliat patung garuda ama wisnu aja tarifnya setinggi itu, mengingat ini kami budget traveler. Tapi karena udah terlanjur bayar, dinikmatin aja apa yang ada di dalam. Selain foto2 di komplek GWK, kami juga sempet nyaksiin tarian di Amphiteatre GWK. Sekitar 5 tarian yang sempet kami tonton dan sangat menarik. Di depan patung Dewa Wisnu terdapat beberapa teropong yang bisa digunakan untuk melihat panorama Bali, yang untuk memakainya dengan membeli koin seharga Rp.5000.-. Jam 11.00 kami bergerak ke pantai dreamland.


G W K

Di gerbang GWK dari arah dalam, ambil arah kiri. Sampe ketemu Pecatu Indah Resort masuk terus ke dalam. Sekitar 5 km dari gerbang Pecatu Indah Resort belok kiri ke jalan 2 lajur (Tanya-tanya aja disana soalnya detail jalannya lupa) sampe ketemu pos satpam yang akan narik tiket masuk ke pantai dreamland sebesar Rp.5000/motor. Disana ada beberapa rombongan bule yang lagi berjemur n gak terlalu rame. Sesudah foto2 sebentar kami lanjut jalan.


Pantai Dreamland

Rencananya mau langsung ke Bedugul tapi gw minta ke uluwatu dulu, karena tanggung udah ada di selatan jd gak terlalu jauh ke Pura Uluwatu. Jam 12.00 kami meluncur ke Uluwatu n sampe sana sekitar jam 13.00. Tiket masuk uluwatu untuk wisdom sebesar Rp.15.000/orang. Kita diwajibin pake selendang dan bagi yang pake celana di bawah lutut diwajibin pake kaen yang udah disediain, gratis.


Ulu Watu

Dari uluwatu, sekitar jam 12.30 kami balik arah ke Pantai Kuta. Karena janjian ketemuan buat gabung ama @virustraveling n @richienorichie. Jam 13.30 kami sampe di Pantai Kuta n nunggu mereka sampe semua kumpul. Begitu semua sudah kumpul, jam 14.00 kami langsung jalan ke Bedugul. Perjalanan ke Bedugul gw gak inget rute mana yang dilaluin karena gw ngikut dari belakang. Yang gw inget dari jalan ke bedugul itu cuma jalannya yang dingin n berkabut. Belum lagi ujan yang nerpa diperjalanan bikin tambah dingin. Kata @cathy, memang klo ke bedugul siap-siap aja dihadang ujan n kejadian. Setelah tanya sani-sini jalan ke bedugul, jam 17.00 kami sampe di Bedugul. Sampe di sana kami sempetin buat makan dulu. Buat yang muslim, memang makan di bali jadi salah satu perkerjaan tersendiri karena kami harus mastiin bahwa makanan yang dijual halal mengingat di bali banyak di jual menu makanan non-halal. Di bedugul kami makan di warung soto di samping Masjid Besar Al-Hidayah Bedugul yang terletak persis di depan Danau Bedugul. Selesai makan kami menuju Pura Ulun Danu Beratan dan berfoto sebentar di sana hingga pukul 18.00 dan kembali ke penginapan di Kuta.


Pura Ulun Danu Bratan - Bedugul

Di malam kedua, kami tetep bayar harga yang sama yaitu Rp.270.000 meskipun orangnya berkurang satu karena @cathy nerusin perjalanan ke Pulau Komodo. Tarif kami bayar secara pro rate, gak ngeliat cowok/cewek atau berapa orang dalam satu kamarnya. Tarif kamar dibagi jumlah orang dalam rombongan kami.


13 November 2012

Hari ini kami mau hunting oleh2 ke Pasar Sukawati dI Gianyar yang jaraknya sekitar 72 Km dari Kuta. Tanpa sarapan kami berangkat jam 08.30. Jam 10.15 kami sampe di Sukawati n langsung cari makan. Kami makan di sebuah warung makan Padang yang ada di areal pasar. Untuk menu nasi telur + tempe + air mineral 600 ml di charge 11.000. Selesai makan kami masuk ke pasar bwt nyari oleh2.

Di pasar ini, harus mahir tawar menawar. Jangan segan untuk menawar harga yang diberikan sang penjual bahkan hingga 1/3nya sekalipun. Contohnya, kaus barong bali yang awalnya ditawarkan Rp. 35.000, setelah tawar menawar alot bisa dibeli dengan harga Rp.11.000/potong. Kalo kesini usahain pagi hari selepas para pedagang bersembahyang, supaya penjual memberikan harga penglaris dan tidak terlalu susah dalam tawar menawar. Jam 12.30 kami kembali ke Kuta dan sampai di kuta sekitar 14.00.


Pasar Seni Sukawati

Selepas dari Sukawati, istirahat sebentar, kami ke Pantai Kuta untuk mandi di laut. Selagi kami mandi, @masakuhamil dateng sama @mel istrinya, gabung dengan kami. Sesudah mandi di Kuta, kami lanjut ke Tanah Lot. Jam 16.40 kami berangkat dan sampe Tanah Lot sekitar jam 18.05 dengan kondisi jalan macet di daerah Kuta sampe Legian. Tiket masuk Tanah Lot Rp.11.000/orang. Di Tanah Lot banyak toko souvebir bali tapi gak tau tentang harganya karena gak nanya2. Kami sampe di Tanah Lot sewaktu matahari udah mau ‘njebur’ ke laut. Kami cuma dapet waktus sekitar 5-10 menit aja sebelum matahari ‘tenggelem’ di laut. Kami pulang dari Tanah Lot jam 19.00 dan Sampe Kuta sekitar jam 21.00. Perjalanan pulang lebih lambat karena para traveler banyak yang ngunjungin Tanah Lot pada waktu sore, dan setelah matahari ‘tenggelem’ rame-rame serentak ninggalin Tanah Lot yang bikin antrian panjang kendaraan.


Tanah Lot

Sampe di penginapan, ternyata si pemilik motor yang kami sewa udah nunggu, karena menurut itngannya dia waktu sewa habis per jam 19.00. Ternyata, itungan sewa motor 2 hari itu gak tepat 48 jam, tp dari pagi hari pertama ampe jam 19.00 hari kedua, dan motor kembali kepelukan sang pemilik. Sekembalinya dari Tanah Lot, malam itu @nandito n @richienorichie lanjut ke bandara untuk balik ke Jakarta dengan penerbangan jam 23.00.

Malamnya kami menyempatkan diri Perama Tour di Jalan Legian untuk booking seat ke Senggigi- Lombok. Di sana kami di kasih tau kalo bahwa tarifnya Rp.150.000/orang dengan keberangkatan jam 06.00. Kami booking 6 seat tanpa pembayaran dan diminta jam 05.45 udah datang di Perama Tour Counter. Setelah dari Perama Tour, malam itu kami kembali menginap di Sekar Bali Homestay membayar Rp. 270.000 untuk 2 kamar dengan formasi 3 cowok di satu kamar dan 2 cewek di kamar yang lain.

1 komentar:

  1. kalo boleh tau butuh budget brp nih buat Banckpacking Trip nya?

    BalasHapus